Jumat, 01 September 2017

dasar perkembangan anak

MERINGKAS BUKU DASAR DAN TEORI PERKEMBANGAN ANAKDiajukan Untuk Memenuhi Persyaratan lulus Mata Kuliah PPL II
Dosen Pengampu Ratih Nurwantari Dewi, S.Th., PAK
Description: F:\eftaa.jpg


Oleh
NATAL RIA ZEGA
NIM      : 16311415
Prodi      : S1-PAK

SEKOLAH TINGGI TEOLOGI EFATA
SALATIGA
2017



BAB I
DASAR PERKEMBANGAN
1. Latar belakang psikologi-perkembangan
            Pandangan terhadap anak sebagai pribadi yang masih murni,jauh dari unsur yang mendorong ke perbuatan-perbuatan yang tergolong dosa dan tidak bermoral agaknya banyak dipengaruhi oleh aktivitas dan meluasnya keagamaan pada abad-abad pertengahan itu. Isi kejiwaan anak ketika dilahirkan adalah ibarat secarik kertas yang masih kosong, artinya bagaimana nanti bentuk dan corak kertas tersebut bergantung pada kertas tersebut dutulis.
I. Membanjirnya penyelidikan yang dilakukan oleh para ahli eksperimental
            Aspek-aspek psikis pada anak banyak ditinjau dari segi perkembangan dan proses-prosesnya, termasuk penggolongan dengan tngkat-tingkat umurnya. Membuat seorang anak merasakan frustasi atau mengalami ketegangan,  meskipun untuk tujuan penelitian jelas kurang diterima dari sudut etik-moral.
II. Pengaruh B.F. Skinner
            Skinner adalah seorang tokoh dari aliran Behaviorisme yang banyak melakukan penyelidikan-penyelidikan mengenaiproses-proses belajar terhadap hewan. Skinner mempelajari proses-proses belajar dan hubungannya dengan perubahan tingkah laku. Pengaruh Skinner ini menimbulkan keinginan dan minat banyak ahli untuk mengubah suatu tingkah yang sedang diperlihatkan.
III. Meluasnya secara serentak pengertian kognitif dan perkembangan bahasa
            Mengenai perkembangan bahasa: banyak dibahas secara struktural proses-proses terjadinya kemampuan mempergunakan bahasa mulai ucapan-ucapan  yang sederhana sampai dengan kemampuannya mempergunakan kata, kalimat,dan bahasa.
IV. Berbalik ke penelitian-penelitian pada bayi
            Penelitian terhadap asal usul tingkah laku, dimulai dari asal mula timbulnya yang bisa di lihat pada bayi, di anggap akan memberikan keternagn-keterangan yang asli dan bermanfaat sekali.
V. Pengaruh teori sosial-belajar
            Psikologi perkembangan menjadi lebih dikenal karena membuka kesempatan lebih luas untuk mengaakan penelitian dan percobaan terhadap anak dengan perrubahan-perubahan tingkah lakunya.Psikologi perkembangan dengan demikian menggantikan kedudukan  psikologi anak yang di anggap lebih sempit lapangnya.
2. Konsep dasar mengenai psikologi perkembangan dan perkembangan
            Pada mulanya anak hanya bisa mengeluarkan suara yang tidak bermakna, kemudian secara bertahap sedikit demi sedikit suara-suara itu mempunyai arti. Hal ini juga sedikit akibat dari peniruan-peniruan bunyi disekeliling hidupnya sehingga lama-kelamaan si anak bisa mengucapkan suatu rangkaian suara tertentu (kata) untuk menunjukan untuk mengungkapkan sesuatu. Perkembangan merupakan suatu proses  yang mula-mula global, masif belum terpecah atau terperinci, dan kemudian semakin lama semakin banyak, berdiferensi dan terjadi intergrasi yang hierrarkis. Yang dilihat dalam tingkahlaku anak-anak adalah hasil dan bukan proses perubahan itu sendiri.
            Suatu perumusan dengan orientasi Behavioristik dikemukakan olehHors Thomae, bekas presiden ISSBD (International Society for the Study of Behavioural Development) sebagai berikut : perkembangan adalah suatu kerangka atau perangka perubahan-perubahan yang merupakan fungsi waktu. Dalam rumus dituliskan :
                                                            P = f (w)
                                                            P = perubahan
                                                            w = waktu
            Umur adalah indeks variabel tetapi bukan variabel-sebab. Thomae (1953) membagi 2 model dalam perkembangan yakni :
-          model kuantitatif, yaitu adanya perubahan-perubahan kuantitatif yang dapat di ukur pada setiap masa perkembangan. contoh jelas : dalam pertumbuhan badan, tinggi dan berat badan dapat di ukur.
-          model kualitatif, beberapa kategori pada metode kualitatif adalah :
a. model yang berhubungan dengan penerapan dalam perkembangan (stage-model).
b. model yang menganggap bahwa perkembangan suatu proses di forensiasi yakni     terjadi kemajuan-kemajuan dalam strukturnya.
c. model yang menganggap bahwa perkembangan berlangsung oleh pengaruh-pengaruh yang ada dalamlingkungan hidup seseorang.
3. Fakta keturunan dan lingkungan
            Keturunan dan lingkungan dapat mempengaruhi tingkah laku. Dalam perkembangan tingkah laku. Dalam lapangan psikologis klinis, psikoterapi selalu di arahkan untuk mempengaruhi tingkah laku, atau ciri-ciri kepribadian, agar bisa memperlihatkan tingkah laku sesuai dengan keinginan si pemberi psikoterapi. Kejadian atau peristiwa tertentu bisa mengubah kehidupan seseorang dan mengubah pula ciri-ciri atau keseluruhan kepribadian seseorang yang mengalami amputasi, atau kehilangan satu panca indranya mengakibatkan perubahan-perubahan tingkah laku yang drastis.
4. Kontinuitas-diskontinuitas dalam perkembangan
            Kontinuitas maksudnya adalah perubahan-perubahan yang terjadi berlangsung terus pada tahapan-tahapan perkembangan berikutnya dengan tahap-tahap yang sama. Kalau perubahannya mengenai hal-hal yang kuantitatif  dan berlangsung terus pada tahapan berikutnya ini disebut kontinuitas-kuantitatif. tetapi hal ini biasanya tidak akan terus-menerus terjadi dalam perkembangan ontogenetis misalnya yang mengenai tinggi dan berat badan, sebab sampai pada usia tertentu akan terjadi diskontinuitas. kalau perubahannya mengenai hal-hal yang kualitatif maka sebenarnya tidak terdapat kontinuitas karena ada hal-hal yang baru. beberapa kategori perubahan yakni:
-          perubahan dalam ukuran
-          perubahan dalam perbandingan
-          berubah untuk mengganti hal-hal lama
-          berubah untuk memperoleh hal-hal baru.
5. Pola asuh orangtua
            Pola perkembangan :
-          pertumbuhan fisik yang terarah
-          perkembangan yang terjadi dari umum ke khusus. Misalnya seorang anak akan menyebutkan semua wanita “mama” sebelum ia dapat membedakan mana ibunya, mana pengasuh/bibinnya.
-          perkembangan berlangsung dalam tahapan-tahapan perkembangan
-          perkembangan dipengaruhi oleh kematangan dan latihan atau belajar.
6. Metode-metode penelitian perkembangan anak
            Beberapa metode dalam penelitian-penelitian perkembangan anak dapat digolongkan menjadi :
-          observasi, ialah cara yang dilakukan untuk mengamati semua tingkah laku yang terlihat pada suatu jangka waktu tertentu atau pada suatu tahapan perkembangan tertentu.
-          metode eksperiment, metode ini tidak mudah dilakukan karena obyek penelitian adalah anak-anak, maka tidak biisa mengubah lingkungan-lingkungan tertentu sebebas-bebasnya sehingga merangsang timbulny a reaksi-reaksi tertentu pula dan yang tidak manusiawi.
-          metode lintas-penampang (cross-sectional), yaitu metode yang dipergunakan untuk melakukan penelitian terhadap beberapa kelompok anak dalam jangka waktu yang relatif singkat.
-          metode jangka panjang (longitudinal), dengan metode ini kelompok/pribadi yang dijadikan penelitian akan di beri test atu eksperimen yang sama pada suatu jangka waktu tertentu, misalnya setelah enam bulan, setelah satu tahun, setelah dua tahun dan seterusnya.

BAB II
TEORI PERKEMBANGAN

1. Penggolongan teori perkembangn
A. Teori cermin mekanistik
            Teori ini memandang manusia sebagai organisme yang pasif. ketika anak dilahirkan, isi kejiwaanya kosong seperti cermin. Ia memantulkan cahaya kelingkungannya. Tesis ini dilandaskan pada dua pandangan filosofis bahwa :
1)      Isi kejiwaan seorang dapat dianalisa menjadi bagian-bagian yang terkecil, yakni unsur-unsur kejiwaan (elemen-elemen)
2)      Tekanan-tekanan dan lingkungan mempengaruhi penginderaan anak dan meninggalkan impresi dasar.
B. Teori lampu-organik
            Teori ini memandang manusia sebagai model makhluk yang aktif. Dalam psiklogi  perkembangan ada beberapa tipe teori atau  pendekatan untuk menerangkan konsep-konsep perkembangan, yang terdiri dari satu jenis teori dan 3 jenis pendekatan, yakni :
1. teori penahapan
2. pendekatan diferensial
3. pendekatan ipsatif
4. pendekatan teori-belajar

II. Tokoh dan aliran dalam psikologi perkembangan
1. Psikoanalisa
            Pembicaraan psikianalisa seakan-akan menjadi gersang tanpa mengikutsertakan S. Freud, pencipta psikoanalisa ini. Buku-buku psikoanalisa msuh menempati sudut yang cukup besar di perpustakaan-diperpustakaan psikologi dimana-mana membuktikan bahwa psikologi analisa sebagai teori yang prenah ada, akan tetap ada, sekalipun bermunculan teori-teori baru, baik yang benar-benar asli baru maupun yang berupa pengubahan atau pengembangan teori-teori yang sudah ada.
a. Sigmund Freud (1856-1939)
            Tenaga atau kekuatan psikis ini yang mempunyai lataar belakang biologis disebut libido. Libido ini mendorong timbulnya tingkah laku seperti berfikir dan mengingat sesuatu. Libido sebagai naluri adalah salah satu diantara konsep-konsep naluri yang dikemukakan oleh Frud, yakni :
·         naluri kehidupan, misalnya haus dan lapar
·         naluri kematian (thornatos), naluri negatif yang bersifat merusak diri
·         naluri libido.
            Ada 3 tingkatan kehidupan pada manusia, yaitu :
1.      Animal
2.      logika dan rasional
3.      moral
            Setelah memahami konsep-konsep dasar psikoanalisa, maka sampailah kami pada uraian mengenai perkembangan yang dikenal dengan psikoseksual.
Perkembangan psikoseksual:
1. Masa oral (0-1;0 th)
            Masa pertama perkembangan psikoseksual pada mana bayi memperoleh dan merasakan kepuasan dan kenikmatan yang bersumber pada daerah mulutnya.
2. Masa anal (1;0-3;0 th)
            Anak memindahkan pusat kenikmatan dari daerah mulut kedaerah anus (dubur), berkaitan dengan buang air besar.
3. Masa falik (3;0-5;0 th)
            Sumberkenikmatan berpindah kedaerah kelamin pada masa falik.
v  masa falik pada anak laki-laki
            Keinginan anak untuk mencintai ibunya dan melakukan hubungan seks tetapi yang menjadi rasa takut sama anak tersebut adalah ayah. Ayahnya yang akan menjadi tokoh saingannya. Kelakuan ini menimbulkan sikap menyerah pada anak dan karena itu lebih baik ia mengidentifikasi dirinya dengan ayahnya.
v  masa falik pada perempuan
            Pada anak perempuan juga timbul keiginan untuk mengadakan hubungan seks dengan ayahnya. Tokoh ibu yang menjadi penghalang akan cintamya terhadap ayahnya.
4. Masa laten (6;-12’0 th)
            Masa ketika aktivitas seksuil dapat dikatakan tenang, terpendam dan tidak aktif.
5. Masa genital
            Masa ketika dorongan-dorongan seks yang ada pada masa falik mulai berkembang lagi setelah pada masa laten, berada pada keadaan tenang.

b. Erik H. Erikson
            tahap perkembangan psikosolial :
-          tahap I  masa oral-sensorik : memperoleh dasar kepercayaan dan mengatasi dasar ketidak-percayaan.
-          tahap II  masa anal-muskulalur : merasakan adanya kebebasan perasaan malu dan ragu-ragu.
-          tahap II masa genital-locomotor : memperoleh perasaan bebas berinisiatif dan mengatasi rasa bersalah.
2. Psikologi belajar
            Berbagai tingkah laku yang dipelajari adalah hasil dari belajar secara bebas. Ia perlu rangsangan dari luar yang mungkin terjadi berulang-ulang. Ada dua jenis proses belajar pada anak : melalui tingkah laku kondisioning dan melalui pengamatan terhadap model-model tingkah laku dari luar dirinya.
3. Teori kognitif
Istilah kognisi meliputi aspek-aspekstruktur intelek yang dipergunakan untuk mengetahui sesuatu. Pentahapan:
-          tahap sensori-motor (0-;0,2 th), perkembangan skema melalui refleks-refleks untuk mengetahui dunianya.
-          pra-operasional (2;0-7;0 th), penggunaan simbol dan penyusunan tanggapan internal.
-          tahap konkrit-operasional (7;0-11;0 th), mencapai kemampuan untuk berfikir sistematik terhadap hal atau obyek-obyek yang konkrit.
-          fornal-opersional (11,0-dewasa), mencapai kemampuan untuk berfikir sistematik terhadap hal-hal yang abstrak dan hipotesis.




BAB III
TEORI DAN ASPEK KHUSUS PERKEMBANGAN ANAK

1. Jhon Bowbly
            Bowbly mengambil dasar penyelidikannya yaitu dasar etologi, tentang tingkah laku. Etologi tidak lepas dari naluri yaitu mengenai tingkah laku yang dapat diperoleh dqari lahir.. Menurut  para ahli etologi ada 3sifat naluri :
a.       naluri mempunyai sifat mereda oleh rangsag dari luar, misalnya jika seekor anak ayam dalam bahaya maka induknya akan datang menolongnya.
b.      naluri mempunyai sifat khusus sesuai dengan jenisnya, artinya pola-pola tingkah laku yang khusuus hanya ditemukan dalam jenisnya.
c.       naluri sebagai hasil evolusi, mempunyai arti yang khusus untuk perjuangan hidup.
2.Albert Bandura
            Bandura mengemukakan 4 komponen dalam proses belajar melalui pengamatan, yakni :
            1. memperhatikan                                            3. memproduksi gerak motorik
            2. mengencam                                                 4. ulangan-pergaulan dan motivasi
3. Lawrence Kholberg-teori perkembangan moral
            tahap tingkah laku :
Ø  tingkat I orientasi terhadap kepatuhan hukum (pro-konvensional)
Ø  tingkat II orientasi mengenai anak yang baik, memeperhatikan norma-norma sosial dan otoritas  (konvensional)
Ø  tingkat III  orientasi terhadp perjanjianantara dirinya dan lingkungan sosial (anu konvensional)

BAB IV
PENUTUP


            Dalam kehidupan sehari-hari masih ada ketidak-seimbangan antara kepentingan, keinginan serta tujuan-tujuan pribadi dengan keadaan obyektif si anak. Ada yang pehatiannya kurang, ada juga yang berlebihan terhadap kebutuhan untuk perkembangan anak. Membiarkan anak berkembang sebdiri atau menyerahkan segalanya kepada nasib tentu merupakan sikap yang kurang bertanggung jawab. Orangtua atau orang dewasa harus peduli dan bertanggungjawab terhadap  kehidupan anak-anak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SKRIPSI Implementasi kurikulum Merdeka dalam penyusunan modul ajar mata pelajaran pendidikan agama Kristen di sekolah dasar negeri 01 dukuh Salatiga

  https://docs.google.com/document/d/1dg_AG2xpw73mPijLobl4L_S-3hXar0gk/edit?usp=drivesdk&ouid=109035727521198068929&rtpof=true&s...

HINTS