Jumat, 01 September 2017

materi SM-Yusuf mengampuni saudaranya

TUGAS MEMBUAT MATERI SEKOL MINGGU
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan lulus Mata Kuliah PPL II
Dosen Pengampu Ratih Nurwantari Dewi, S.Th., PAK

Description: F:\eftaa.jpg


Oleh
NATAL RIA ZEGA
NIM      : 16311415
Prodi      : S1-PAK

SEKOLAH TINGGI TEOLOGI EFATA
SALATIGA
2017

MATERI SEKOLAH MINGGU GPIAI EFATA SALATIGA
BULAN APRIL 2017

Minggu ke  :  IV
Tema                   : Yusuf  Mengampuni saudara-saudaranya ( kejadian 50:15-21 )
Ayat emas  :  Matius 6:14

Tujuan       :
          Mengajarkan kepada anak sekolah minggu
1.      Anak sekolah minggu dapat mengetahui bahwa kejahata seperti sombong, iri hati, benci kepada teman, dapat membuat hidup mereka ketakutan dan khawatir,
2.      Anak sekolah minggu dapat mencontoh sifat Yusuf yang memaafkan saudara-saudaranya,
3.      Anak sekolah minggu dapat belajar mengampuni dan menyadaripenyartaan Allah atas hidupnya ketika ia mengampuni.
Pendahuluan:
          Guru bertanya kepada anak-anak sekolah minggu apakah mereka pernah marah kepada abang, kakak, atau adiknya sambil menunjukan gambar pertama ( biarkan anak menjawab sesuai pengalaman mereka masing-masing ), dan apa yang mereka rasakan ketika mereka dimarahi.
            (menunjukkan gambar Yusuf), Yusuf adalah anak dari Yakub dan Rahel, Yakub memiliki 12 anak laki-laki, namun dari semuanya ia paling menyayangi Yusuf sehingga saudara-saudaranya benci kepada Yusuf (guru menjelaskan secara singkat kesalahan yang telah dibuat saudara-saudaranya), mereka membuang Yusuf kedalam sumur kemudian menjualnya untuk dijadikan budak, namun karena Tuhan menyertai Yusuf, ia menjadi seorang yang berhasil di Mesir. Yusuf menjadi terkenal, kaya raya, dan menjadi orang terhormat di Mesir.


Isi:
            Pada suatu hari ketika saudara-saudara Yusuf menglihat bahwa mekeka telah mati, maka salah seorang di antara mereka berkata.
Saudara Yusuf 1 : (merasa takut ) “ aduhhh, bisa jadi Yusuf akan membalas kejahatan yang
 telah kita lakukan kepadanya ”, ( sambil berfikir mencari cara supaya Yusuf tidak marah kepada mereka ).
Karna Takut kepada Yusuf, maka saudara-saudaranya menyuruh salah seorang untuk menyampaikan pesan kepada Yusuf: “ sebelum ayahmu meninggal ia telah berpesan supaya engkau mengampuni saudara-saudaramu dan dosa mereka, sebab mereka telah berbuat jahat kepadamu”,( guru bertanya kepada anak kira-kira apakah Yusuf mau memaafkan saudara-saudaranya dan biarkan mereka menjawab sesuai pikiran masing-masing ), setelah mendengar itu maka menangislah Yusuf (guru bertanya lagi kira-kira kenapa Yusuf menangis), karna dia sudah mengampuni saudara-saudaranya sejak dari awal, Yusuf sangat sayang kepada saudara-saudaranya (guru mendramatisi sikap Yusuf yang sedang menangis).
            Kemudian datanglah saudara-saudara Yusuf dan berkata, “kami datang untuk menjadi budakmu”,( sambil ketakutan karna khawatir Yusuf akan menghukum mereka). Mereka tidak tau kalau Yusuf telah memaafkan mereka.
Yusuf  : “jangan takut, memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannyauntuk kebaikan, seperti yang terjadi sekarang ini”.
Yusuf kemudian menyuruh saudara-saudaranya bangun yang sedari tadi sujud di hadapannya, kmudian memeluk saudara-saudaranya.
Penerapan:
            Yusuf adalah orang baik hati mampu memaafkan saudara-saudaranya yang telah berbuat jahat kepadanya, Tuhan sangat menyayangi Yusuf karna dia bisa mengampuni kesalahan orang lain. Hendaknya kita sebagai anak-anak Tuhan bisamemaafkan dan mengampuni setiap kesalahan orang lain. Baik itu teman sekolah yang telah berbuat jahat kepada kita, orangtua, kakak, abang, adik. Kita harus bisa mengampuni setiap kesalahan orang kepada kita supaya tuhan juga bisa mengampuni dan sayang kepada kita seperti Yusuf.





















1.      Anak yang tidak baik suka merebut mainan temannya
Description: C:\Users\X200\Downloads\KUNCI GITAR\Rebutan+Mainan.jpeg


2.      Gambar Yusuf
Description: C:\Users\X200\Downloads\KUNCI GITAR\yusuf+1.jpg
3.      Kejahatan yang dilakukan saudara-saudara Yusuf
Description: C:\Users\X200\Downloads\KUNCI GITAR\SaudaraYusufMembuangYusuf.jpg
4, Yusuf mengampuni

Description: C:\Users\X200\Downloads\KUNCI GITAR\Yusuf+Mengampuni+Saudaranya2.jpgYusu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RETREAT HAMBA TUHAN GPIAI + PENTAHBISAN KORWIL

 Retreat Hamba Tuhan GPIAI wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jabodetabek + PENTAHBISAN KORWIL Tema : KESATUAN HATI UNTUK MELAKSANAKAN VISI...

HINTS