Add caption |
TUGAS MERINGKAS BUKU
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan lulus Mata Kuliah LITURGIKA
Dosen Pengampu Pdt. Darius, M.th
Oleh
NATAL RIA ZEGA
NIM : 16311415
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI EFATA
SALATIGA
2017
Kata
gereja dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Portugis. Namun kat asal itu
juga juga di ambil dari kata Yunani kuriake yang aslinya berarti milik Tuhan. Gedung
da organisasinya dalam teori merupakan milik Tuhan, Allah umat Kristen dan
digunakan untuk tujuan-tujuan-Nya. Gedung pertama yang diketahui dikhususkan
bagi peribadatan Kristen didirikan pada kira-kira tahun 250 M, ditemukan di
Dura Europos, yang kini disebut Irak.
Dalam
kitab Perjanjian Baru kelompok Kristen tidak di sebut gereja melainkan jemaat. Dalam
PB kata jemaat digunakan untuk menjadi padanan kata Yunani “ eklesia”, yaitu
kata umum dalam bahasa Yunani bagi pertemuan orang-orang, baik untuk tujuan
duniawi maupun agamawi. Pada mulanya
eklesia Kristen adalah orang-orang yang bertemu disebuah kamar di
Yerusalam, dimana kekristenan lahir. Dari semula setiap warga dari eklesia itu memiliki perasaan menyatu
yang kuat dengan Tuhan Yesus Kristus, walaupun mereka terpencar-pencar mereka
tetap merupakan satu masyarakat khas didunia ini, satu-satunya eklesia dari
Yesus Kristus.
Menurut
kamus, umat berarti “para penganut satu agama”.dalam Pl sering menggunakan kata
“umat Allah” atau “umat-Ku”. Dalam PB orang-orang juga disebut umat, dalam
bentuk “umat-Ku”.
2. PERJANJIAN
LAMA : ISRAEL SEBAGAI BANGSA DAN JEMAAT ALLAH
Allah menciptakan
setiap bangsa dengan adat tersendiri, keunikan dan ciri khas tersendiri. Ia tidak
bermaksud agar setiap orang didunia ini menjadi anggota dari bangsa
pilihan-Nya, jugar agar setiap bangsa kehilangan identitas dan menjadi sama
dengan orang Israel. Maksud Allah ialah agar Israel mengajar bangsa-bangsa itu
tentang Allah, dan supaya mereka meneladani masyarakat yang menggembirakan
hati-Nya kemudian agar mereka menerapkan apa yang mereka pelajari dari Israel
dalam pola sosial kehidupan mereka sehari-hari. 4 ciri khas umat Allah, yaitu :
1. Yang
pertama dan terpenting : Israel dan jemaat yang terbentuk kemudian merupakan
masyarakat yang diciptakan oleh Allah.
2. Bagaimana
Allah yang tidak nampak dapat membimbing dan mengarahkan umat-Nya?,
bangsa-bangsa di bumi mempunyai kepala.
3. Bangsa
Israel tinggal diwilayah tertentu dan menikmati kebebasan politik.
4. Umat
Allah juga merupaan masyarakat beragama.
3.UMAT ALLAH DAN
KEKUASAAN SEKULER
DALAM KITAB
PERJANJIAN LAMA
1. Zaman
leluhur Israel
Kekuasaan sekuler pada waktu itu tidak
begitu menonjol, bapak-bapak leluhur yang hidup dalam kepercayaan janji kepada
Allah,yakin bahwa negara-negara kota harus mereka tinggalkan. Leluhur Israel sengaja
sengaja memilih tidak hidup dengan hubungan suatu negara, kecuali dengan
membuat perjanjian dengan kekuasaan lain guna melindungi kemerdekaan mereka.
2. Zaman
bangsa itu dibebaskan
Dalam hubungan umat Allah dengan
bangsa-bangsa lain, kedatangan dan keberangkatan umat Allah itu mengakibatkan
hukuman atas Mesir karena Mesir menindasnya. Juga mendatangkan hukuman atas
kanaan karena bangsa tersebut memuja berhala dan karena perbuatan-perbuatan
keji mereka.
3. Kurun
waktu kerajaan Israel
catatan sejarah sesuai peran-karya para nabi menalar hubungan yang erat antara agama dan politik internasional. jika umat Allah memuja dan mematuhi ia, mereka dapat hidup dalam keadaan damai dan tenteram sebagai bangsa merdeka. jika tidak, akibatnya adalah ketidak adilan sosial yang makin meluas dan kejam dan akhirnya mereka ditaklukkan juga secara politis.
4. pada kurun waktu sisa bangsa yang menderita
dua bahaya besar dihadapi oleh kelompok minoritas dipembuangan waktu itu. yaitu bahaya kehilangan identitas karna berkompromidan berbaur, dan mereka terus bertahan sebagai khas "umat Allah", dengan resiko penganiayaan bahkan kematian.
catatan sejarah sesuai peran-karya para nabi menalar hubungan yang erat antara agama dan politik internasional. jika umat Allah memuja dan mematuhi ia, mereka dapat hidup dalam keadaan damai dan tenteram sebagai bangsa merdeka. jika tidak, akibatnya adalah ketidak adilan sosial yang makin meluas dan kejam dan akhirnya mereka ditaklukkan juga secara politis.
4. pada kurun waktu sisa bangsa yang menderita
dua bahaya besar dihadapi oleh kelompok minoritas dipembuangan waktu itu. yaitu bahaya kehilangan identitas karna berkompromidan berbaur, dan mereka terus bertahan sebagai khas "umat Allah", dengan resiko penganiayaan bahkan kematian.
4. UMAT ALLAH DALAM PERJANJIAN BARU ADALAH ISRAEL BARU
Perjanjian Baru menceritakan kehidupan dan pekerjaan Yesusu Kristus di Palestina. juga permulaan dari organisme yang dalam sejarah menjadi gereja kristen. dari keempat injil menceritakan bahwa negeri Yahudi, Palestina, adalah daerah taklukan dari kerajaan adikuasa Romawi dan dijaga oleh tentara Romawi. masyarakat Yahudi pada zaman Yesus ada menyebut dirinya adalah umat Allah. Yesus menyatakan diri-Nya adalah Raja yang dijanjikan oleh Allah akan Dia utus kepada umat-Nya.
Israel Baru disini jelas bahwa mereka adalah murid-murid Yesus yang dikenal sebagai "kedua belas rasul". dapat dipastikan bahwa Yesus sengaja memilih jumlah itu, karna ada 12 suku di Israel. dan Ia memilih dua belas rasul itu berarti bahwa mereka yang mengikuti Dia, yakni yang Allah berikan kepada-Nya adalah Israel Baru yang di ambil dari Perjanjian Lama. Yesus berkata bahwa didunia selanjutnya mereka akan duduk di dua belas singgasana, mengadili keduabelas suku bangsa Israel (Mat. 19 :28). numerik 12 mempunyai arti khusus, dan jumlah mereka harus genap demikian (Kis. 1:15-26).
5. Pemerintahan umat Allah
Pemerintahan dan organisai sebelum zaman Perjanjian Lama dan jemaat Perjanjian Baru
Pemerinthan pada zaman PL bersifat teokratis dimana Kristus sebagai kepala pemerintahannya. Ia menampakkan kehendaknya melalui para nabi atau imam. Musa dan Yosua ditunjuk secara khusus menjadi pemimpin umat. Ketika umat Allah kehilangan kemerdekaan mereka dan menjadi minoritas di Babel, tata administrasi mereka di sapu bersih.
Dalam PB berbicara tentang Yesus dan para rasulnya. Paulus sebenarnya tidak dibarisan sahabat Yesus. Ia beberapa kali membela haknya untuk diakui sebagai rasul oleh orang-orang yang menolaknya. alasannya ialah kalau dia diakui maka dia memiliki wewenang untuk mengawasi jemaat. kuasa tersebut adalah kuasa yang membangun bukan meruntuhkan ( II Korintus 13:!0).
ketka kegiatan melayankan Firman Allah dan mengajar di Yerusalem melampaui kemampuan para rasul, mereka menambah tujuh orang lagi yang biasanya dinamakan diaken (Kis. 6:1-7). kemudian dari wanita-wanita seperti Febe, menerima jabatan yang sama dinamakan "pelayan-pelayan jemaat" (Roma 16 :1). dalam perjalanan melayankan Injil, Paulus dan Barnabas menetapkan penatua-penatua disemua jemaat yang mereka dirikan (Kis. 14:23). dalam surat penggembalaan dia anjurkan untuk mengangkat diaken dan penatua di jemaat-jemaat.
Dalam PB berbicara tentang Yesus dan para rasulnya. Paulus sebenarnya tidak dibarisan sahabat Yesus. Ia beberapa kali membela haknya untuk diakui sebagai rasul oleh orang-orang yang menolaknya. alasannya ialah kalau dia diakui maka dia memiliki wewenang untuk mengawasi jemaat. kuasa tersebut adalah kuasa yang membangun bukan meruntuhkan ( II Korintus 13:!0).
ketka kegiatan melayankan Firman Allah dan mengajar di Yerusalem melampaui kemampuan para rasul, mereka menambah tujuh orang lagi yang biasanya dinamakan diaken (Kis. 6:1-7). kemudian dari wanita-wanita seperti Febe, menerima jabatan yang sama dinamakan "pelayan-pelayan jemaat" (Roma 16 :1). dalam perjalanan melayankan Injil, Paulus dan Barnabas menetapkan penatua-penatua disemua jemaat yang mereka dirikan (Kis. 14:23). dalam surat penggembalaan dia anjurkan untuk mengangkat diaken dan penatua di jemaat-jemaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar