NAMA
KELOMPOK:
1. ALBERTA
ZALOGO
2.
FERNITA GEA
3.
NATALRIA ZEGA
1.
Jelaskan pengertian teknologi pendidikan
dan teknologi pembelajaran
Jawaban:
teknologi pendidikan adalah teori dan praktek dalam merancang, mengembangkan,
memanfaatkan, mengelola, serta mengevaluasi
suatu proses dan sumber belajar. Teknologi pendidikan memiliki tiga gagasan
utama yang memberikan kontribusi terhadap rumusan devinisi teknologi pendidikan
sebagai teori. Untuk memahami bagaimana membedakan devinisi teknologi
pendidikan dari pandangan utama kajian audi-visual, seseorang harus memahami
dasar pemikiran yang mendukungnya. Sedangkan teknologi pembelajaran merupakan
sebuah usaha dengan atau tanpa mesin yang tersedia atau yang dimanfaatkan,
untuk memanipulasi lingkungan individu sehingga diharapkan dapat terjadi
perubahan perilaku atau hasl belajar yang lain. David Engler, orang yang
belajar tentang teknologi pembelajaran, mengatakan bahwa IT dibedakan kedalam
dua bagian, pertama dan yang paling umum bahwa teknologi pembelajaran diartikan
sebagai sebuah perangkat keras seprti TV, gambar bergerak, audio-tape, dan
disket, buku teks, papan tulis, ddl.
2.
Apa titik persamaan dan perbedaan
teknologi pendidikan dengan teknologi pembelajaran
Jawaban
: dari beberapa pengertian yang dikemukakan tentang teknologi pendidikan dan
teknologi pembelajaran memiliki konsep yang berbeda. Penulis devinisi tahun
1977 menggambarkan bahwa tedapat hubungan antara teknologi pembelajaran dengan
teknologi pendidikn, yaitu pemahaman dan kerangka kerja teori. Teknologi
pembelajaran merupakan bagian dari teknologi pendidikan. Contoh konsep
teknologi pendidikan adalah mencakup kedalam pemecahan masalah disetiap aspek yang
berhubungan dengan masalah belajar manusia. Sedangkan konsep teknologi
pembelajaran pada pemecahan masalah dimana belajar merupakan hal yang memiliki
tujuan dan sifatnya terkontrol. Perbedaan lain dari kedua istilah tersebut yang
juga diambil dari devinisi tahun 1977
yaitu
a. Definisi
konsep tahun 1977 tentang teknologi pendidikan disebut sebagai proses yang
digambarkan oleh teknologi pendidikan sebagai teori, atau bidang, atau profesi.
b. Konsep
sistem dimasukkan melalui pernyataa definisi awal didalam kseseluruhan konsep
pendukung utama yang dijabarkan secara deskritif dan preskritif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar